Selasa, 25 Mei 2010

PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK ANAK SD

A. Belajar Berhitung, Mengurang, Mengali, dan Membagi dengan Mencari Pasangan Kartu

Banyak anak yang bosan dengan penyajian bahan pelajaran dengan hanya mendengarkan guru menerangkan di depan kelas, terutama sekali anak SD. Pada tingkat sekolah dasar kecendrungan anak adalah bermain. Oleh sebab itu kita sebagai guru harus bisa membuat inovasi dalam system pembelajaran yang kita lakukan. Apa yang kami buat sebenarnya hanya sebuah pengembangan dari apa yang kami telah ketahui dan kami pelajari selama ini. Permainan ini bukan sebuah inovasi baru, tetapi hanya sebuah pengembangan.

Permainan ini sangat sederhana dan dibuat dengan bahan yang sederhana pula. Berikut akan di uraikan alat dan bahan serta cara membuat dan atuaran permainannya :

  1. Alat dan Bahan

a) Kertas Karton

b) Pensil

c) Spidol warna

d) Gunting

  1. Cara Membuat

a) Buat pola pada kertas karton dengan menggunakan pensil sesuai dengan kreasi masing-masing. Lebih menarik lebih baik.

b) Kemudian gunting kertas karton sesuai dengan pola yang telah di buat.

c) Warnai dengan spidol warna dan buat soal penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pada kertas karton yang telah berpola tadi.

d) Hasil pada soalan yang dibuat harus memiliki hanya satu pasangan pada oprasi yang berbeda. Misal soal penjumlahan 3+4 hanya memiliki terdapat satu pasangannya pada oprasi pengurangan missal hasil yang serupa 10-3.

  1. Aturan Permainan.

a) Masing-masing anak diberikan satu seet kartu yang telah memiliki pasangannya, kemudian kartu tersebut kita acak dan berikan waktu kepadanya untuk menjodohkan kartu yang telah kita acak tadi.

Cukup sederhana bukan, sebagai catatan buatlah pola semenarik mungkin dan warnailah dengan seindah mungkin agar anak-anak tertarik. Perlu diperhatikan soalan yang dibuat sesuai dengan bahan pengajaran di buku dan tingkat pemahaman siswa, banyaknya soalan tergantung kepada jumlah murid yang ada dan keinginan guru untuk menyampaikan materi yang ada. Waktu permainan tergantung waktu yang tersedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar